20 Makanan Terenak di Dunia

20 Makanan Terenak di Dunia
  1. Pizza, Italia
  2. Sushi, Jepang
  3. Lasagna, Italia
  4. Ramen, Jepang
  5. Paella, Spanyol
  6. Pho, Vietnam
  7. Kebab, Turki
  8. Tacos, Mexico
  9. Rendang, Indonesia
  10. Peking Duck, China
  11. Pad Thai, Thailand
  12. Dim Sum, China
  13. Fried Chicken, Amerika Serikat
  14. Poutine, Kanada
  15. Nasi Goreng, Indonesia
  16. Fajitas, Mexico
  17. Tom Yam Goong, Thailand
  18. Massaman, Thailand
  19. Hamburger, Jerman
  20. Fish and Chip, Inggris

1. Pizza, Italia

Pizza keju tipis makanan terenak di dunia dapua amavie
Pizza keju tipis (gambar pizza dari Thomas Tucker)

Pizza merupakan makanan yang berasal dari negara Italia yang menggunakan gandum bulat sebagai bahan dasar yang diuleni dengan tangan atau dengan mixer berkecepatan rendah, dihiasi dengan tomat, keju, daging, ikan, jamur, bawang bombay, zaytun, nanas dan berbagai bahan lainnya, yang dipanggang dengan suhu tinggi yang biasanya menggunakan oven berbahan bakar kayu. Pizza menjadi populer di Napoli semenjak abad ke 18 sebagai makanan bergizi yang murah untuk dikonsumsi masyarakat terutama bagi para petani.

2. Sushi, Jepang

Aneka ragam sushi makanan terenak di dunia dapua amavieAneka ragam sushi (gambar sushi dari Tim Reckmann)

Sushi merupakan makanan khas dari negara Jepang yang dibuat dengan nasi cuka yang biasanya diberi sedikit gula, garam dan isian seperti makanan laut, daging dan sayuran yang bisa disajikan mentah atau dimasak lalu digulung didalam selembar rumput laut kering atau potongan tipis daging makanan laut yang disajikan dalam ukuran sekali gigitan.

Sushi dapat dimakan dengan sumpit atau jari, dan biasanya disajikan di atas piring atau dalam kotak bento dengan kecap sebagai pelengkap untuk celupan. Karena sushi semakin populer di seluruh dunia yang menjadikan hidangan ini dikembangkan menjadi banyak variasi di luar Jepang.

3. Lasagna, Italia

Hidangan lasagna di atas piring putih makanan terenak di dunia dapua amavieHidangan lasagna di atas piring putih (gambar lasagna dari Marco Verch)

Lasagna merupakan makanan khas dari negara Italia yang terbuat dari tumpukan lapisan pasta pipih tipis diselingi dengan isian seperti daging giling, sayur-sayuran, keju yang mungkin termasuk ricotta dan parmesan, saus tomat, serta bumbu dan rempah rempah seperti bawang putih, oregano dan basil lalu diatasnya diberi taburan keju mozzarella parut yang dilelehkan. Penggunaan kunyit, bayam dan lobak pada adonan lasagna hanya bertujuan untuk perwarnaan saja

4. Ramen, Jepang

Semangkuk ramen siap saji makanan terenak di dunia dapua amavieSemangkuk ramen siap saji (gambar ramen dari Lauren Topor)

Ramen merupakan makanan khas dari negara Jepang yang menggunakan tepung gandum sebagai bahan dasar yang diuleni dengan air mineral yang mengandung natrium karbonat yang disebut kansui, yang disajikan dalam kaldu daging atau makanan laut, sering dibumbui dengan kecap atau miso, dan menggunakan topping seperti irisan daging, rumput kering laut, menma dan daun bawang.

5. Paella, Spanyol

Hidangan paella di atas meja makanan terenak di dunia dapua amavieHidangan paella di atas meja (gambar paella dari Asinka Photography)

Paella merupakan makanan khas dari daerah Valencia, Spanyol yang bagi kebanyakan orang menganggapnya sebagai hidangan nasional Spanyol. Paella dibuat dari nasi bulir bulat, kacang bajoqueta dan kacang tavella, kacang mentega, kelinci, ayam, terkadang bebek, dan minyak zaytun dengan tambahan kunyit sebagai bumbu.

9. Rendang, Indonesia

Rendang daging sapi kering padang asli minang makanan terenak di dunia dapua amavieRendang daging sapi kering di atas piring putih siap untuk dinikmati (gambar rendang dari Dapua Amavie)

Rendang merupakan makanan khas dari daerah Minangkabau, yang biasa disebut Padang bagi kebanyakan orang walaupun keduanya menunjuk ke lokasi yang berbeda namun masih di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rendang merupakan sebuah hidangan daging pedas yang dimasak menggunakan santan dan bumbu lainnya dengan metode slow cook atau perlahan hingga cairannya menguap menjadi karamel yang bumbunya meresap sempurna pada setiap potongan daging yang telah berubah warna menjadi coklat tua namun tetap memiliki tektur yang empuk.

Mau merasakan kenikmatan terenak didunia? yuk langsung pesan aja rendang daging sapi dan rendang daging sapi kering di dapua amavie sekarang juga, ditunggu ya!