Jumlah Kalori Pada 1 Potong Rendang Daging Sapi Padang

Jumlah Kalori Pada 1 Potong Rendang Daging Sapi Padang

Bobot rendang daging sapi padang per potongnya biasanya disajikan sebanyak kurang lebih 50 gram. Maka kita dapat memperkirakan kalori yang terkandung pada setiap 1 potong rendang daging sapi padang yaitu sebanyak 97 kalori (kkal). Kalau kita asumsikan Angka Kecukupan Gizi (AKG) rata rata sekitar kurang lebih 2000 kalori (kkal) maka 1 potong rendang daging tersebut hanya berkontribusi hingga 5% saja.

Berikut rincian kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam setiap 100 gram rendang daging sapi berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Air : 57.9 gram
Energi : 193 kalori (kkal)
Protein : 22.6 g
Lemak : 7.9 g
Karbohidrat : 7.8 g
Serat : 0.0 g
Abu : 3.8 g
Kalsium : 474 mg
Fosfor : 211 mg
Besi : 14.9 mg
Retinol : 21 mcg
Karoten Total : 534 mcg
Thiamin : 0.12 mg
Niasin : 0.0 mg

Bagaimana dengan jumlah kalori pada 1 porsi nasi padang?

Pada umumnya setiap porsi nasi padang terdiri dari 1 porsi nasi putih yang nantinya bisa ditambah beberapa porsi lagi sesuai kebutuhan, 1 potong rendang daging sapi, 1 sendok sayur nangka, sedikit daun singkong rebus. Maka kita dapat menghitung rincian kalori keseluruhannya sebagai berikut:

Bagian Porsi Berat Energi
Nasi Putih 1 Porsi 200 gram 260 kalori (kkal)
Rendang Daging Sapi 1 Potong 50 gram 97 kalori (kkal)
Sayur Nangka 1 Sendok 50 gram 33 kalori (kkal)
Daun Singkong Rebus 1 Sendok 50 gram 17 kalori (kkal)
Jumlah Kalori 407 kalori (kkal)

Jadi dapat kita simpulkan total dari 1 porsi nasi padang dengan lauk 1 potong rendang daging sapi adalah sebanyak 407 kalori (kkal)

Bagaimana jika jumlah kalori tersebut kita bandingkan dengan makanan lain?

Mungkin akan sulit untuk membayangkan kalori tersebut dengan angka angka saja, untuk itu mari kita coba bandingkan 1 potong rendang daging sapi dan 1 porsi nasi padang dengan makanan yang sering kita jumpai

Makanan Energi Rendang Daging Sapi Nasi Padang
Risol 96 kalori (kkal) 1 potong 4 potong
Tahu Isi Goreng 134 kalori (kkal) 3/4 potong 3 potong
Bakwan 137 kalori (kkal) 3/4 potong 3 potong
Pastel 150 kalori (kkal) 2/3 potong 2 3/4 potong
Dada Ayam Goreng 181 kalori (kkal) 1/2 potong 2 1/4 potong

jadi, kalori dari 1 potong risol sama dengan 1 potong rendang daging padang dan kalori dari 4 potong risol sama dengan 1 porsi nasi padang

Dampak jumlah kalori yang kita konsumsi dengan berat badan

Bagi kamu yang lagi program diet, mungkin saja kamu sudah mengetahui bahwa berat badan tidak hanya ditentukan oleh jumlah kalori yang kita konsumsi melainkan ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Hal tersebut telah diungkapkan oleh dr Tan Shot Yen yang merupakan pakar gizi komunitas, "Ngapain mikir kalori. Sebab gemuk kurusnya tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh kuantitas hitungan kalori, tapi kualitas jenis makanan, metabolisme, hormon, serta probiotik usus," jelas dr Tan Shot Yen. Detik.com, Berapa Total Kalori dalam Seporsi Nasi Padang?

Dengan perhitungan yang tepat kamu masih bisa mengkonsumsi kelezatan rendang daging sapi yang gurih dan empuk dengan rasa aman, tunggu apalagi? Pesan rendang daging sapi dan rendang daging sapi kering di dapua amavie sekarang juga, ditunggu ya!