Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Daging Rendang?

Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Daging Rendang?

Boleh, karena ibu hamil muda tidak mempunyai pantangan tertentu dalam mengatur pola makan harian kecuali bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Karena pada daging dan santan masih mempunyai manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil tapi dengan catatan tidak boleh berlebihan. Dengan jumlah yang sama, lebih baik mengkonsumsinya dengan porsi sedikit tetapi lebih sering daripada sekali makan dalam porsi yang lebih banyak. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Manfaat dari mengkonsumsi rendang

Pengolahan rendang yang menggunakan cara memasak dalam waktu yang lama (slow cook) menjadikan tekstur daging menjadi lebih empuk, dengan begitu usus kita lebih mudah untuk mencerna daging dalam proses penyerapan nutrisi protein yang terkandung di dalamnya.

Berikut rincian nutrisi yang terdapat pada setiap 100 gram rendang daging sapi berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Air : 57.9 gram
Energi : 193 kalori (kkal)
Protein : 22.6 g
Lemak : 7.9 g
Karbohidrat : 7.8 g
Serat : 0.0 g
Abu : 3.8 g
Kalsium : 474 mg
Fosfor : 211 mg
Besi : 14.9 mg
Retinol : 21 mcg
Karoten Total : 534 mcg
Thiamin : 0.12 mg
Niasin : 0.0 mg

Kerugian dari mengkonsumsi rendang

Dengan alasan yang sama, yaitu pengolahan rendang yang menggunakan cara memasak dalam waktu yang lama (slow cook), daging yang pada dasarnya mengandung kadar asam amino esensial yang tinggi mengalami penurunan hingga 17.55% dan santan yang pada dasarnya mengandung kadar lemak jenuh yang cukup tinggi mengalami peningkatan menjadi lebih tinggi.

"Eating foods that contain saturated fats raises the level of cholesterol in your blood. High levels of LDL cholesterol in your blood increase your risk of heart disease and stroke.", "memakan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang mana peningkatan kadar kolesterol dalam darah tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan strok. American Heart Asociation, Saturated Fat.

Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil

Dikutip dari Liputan6.com, 13 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Ibu Hamil. Berikut ini adalah makanan yang dianjurkan untuk ibu selama masa kehamilan.

  1. Gandum atau Nasi Merah, mengandung serat, vitamin E, serta selenium.
  2. Ubi, mengandung serat, vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten.
  3. Oatmeal, mengandung serat, protein, dan vitamin B6.
  4. Kacang-Kacangan, mengandung serat, zat kalsium, folat, zat besi, dan seng.
  5. Daging tanpa lemak, mengandung protein, vitamin B6, B12.
  6. Telur, mengandung protein dan zat kolin.
  7. Ikan salmon, mengandung asam lemak omega 3, dan protein.
  8. Brokoli, mengandung zat besi, asam folat, dan kasium.
  9. Pisang, mengandung vitamin B6 dan kalium.
  10. Susu dan produk turunannya, mengandung kalsium.
  11. Kelapa, mengandung lemak tidak jenuh.
  12. Jus jeruk, mengandung folat, kalium, dan vitamin C.
  13. Air

Makanan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Dikarenakan saat hamil adalah saat dimana kondisi daya tahan tubuh sang ibu dalam kondisi yang rendah sehingga lebih mudah terpapar infeksi, oleh karena itu makanan dengan olahan yang mentah atau kurang matang sangat tidak dianjurkan. Berikut adalah makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi di saat hamil:

  1. Makanan laut yang bermerkuri tinggi,
    Merkuri adalah senyawa kimia yang terdapat pada limbah industri yang paling banyak mencemari peraiaran, yang mana senyawa kimia tersebut dikonsumsi oleh habitat atau penghuni peraiaran tersebut dan diserap oleh tubuhnya.
  2. Ikan mentah atau setengah matang.
  3. Daging mentah atau setengah matang.
  4. Telur mentah atau setengah matang.
  5. Susu mentah.
  6. Mayones, karena mengandung telur yang masih mentah.
  7. Jeroan.
  8. Kafein.
  9. Alkohol.

Masih pengen makan rendang? Tenang! Ikuti tips berikut ini

Setelah kita mengetahui bahwasanya memakan segala sesuatu yang berlebihan beresiko untuk kesehatan tubuh, maka tips pertama adalah jaga jumlah porsi yang anda konsumsi. Karena dalam rendang terdapat lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh, oleh karena itu tips keduanya adalah imbangi dengan makan makanan yang berserat setiap menyantap rendang. Karena serat dapat mengurangi daya serap usus terhadap lemak, karbohidrat dan protein.

Jadi tunggu apalagi? Pesan rendang daging sapi dan rendang daging sapi kering di dapua amavie sekarang juga, ditunggu ya!