Bagian Daging Sapi yang Paling Umum Untuk Rendang

Bagian Daging Sapi yang Paling Umum Untuk Rendang

Pembuatan rendang umumnya menggunakan daging sapi bagian paha belakang atas (round atau topside) yang memiliki tekstur keras. Bisa juga menggunakan bagian paha belakang luar yang biasa disebut dengan gandik (eye round) dan bagian paha depan yang biasa disebut dengan sengkel (Shank). Jadi kamu akan sering menjumpai potongan daging sapi tersebut di kebanyakan rumah makan padang dalam menyediakan masakan rendang andalan mereka.

Kenapa harus dengan daging sapi yang memiliki tekstur keras dalam pemilihan daging untuk pembuatan rendang yang baik? Hal tersebut di karenakan cara memasak rendang yang lama (slow cook) jadi dibutuhkan jenis daging yang tidak mudah hancur jika dimasak dengan cara tersebut.

Berikut beberapa kutipan pendapat dari para penggiat kuliner nusantara kita dalam memilih bagian daging sapi yang bagus untuk rendang

  1. Chef Bahran mengatakan bagian daging terbaik untuk memasak rendang adalah topside, atau bagian terluar paha sapi belakang. Ini adalah bagian terbaik karena teksturnya yang tidak mudah hancur, sangat tepat untuk menu rendang dengan proses memasak yang lama. Suara.com, Tips Memilih Daging Sapi untuk Diolah Menjadi Rendang.
  2. "Aslinya karena dimasak dengan waktu yang cukup lama, masyarakat Minang biasanya memakai daging bagian paha, sengkel atau kelapa," jelas Uni Reno Andam Suri, penulis buku 'Rendang, Minang Legacy to the World'. Detik.com, Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk Rendang.
  3. William Wongso menyarankan untuk tidak menggunakan tenderloin untuk diolah menjadi rendang. Tenderloin atau has dalam adalah potongan daging sapi dari bagian tengah badan. Letaknya di bagian tulang belakang, bahu, dan tulang panggul. Ia juga tak menganjurkan untuk menggunakan sirloin atau daging has luar. Sirloin biasanya diselimuti lapisan lemak alias fat marbling. "Kalau aku yang penting jangan tenderloin, serloin, rib eye, yang penting paha atas bisa," kata William. Kompas.com, Cara Pilih Daging untuk Rendang ala William Wongso, Perhatikan 2 Hal Ini.
  4. "Daging pada bagian paha sapi paling pas untuk dibuat rendang," pangkas William Wongso. Okezone.com, Bagian Tubuh Sapi yang Lezat Dibuat Rendang.

Berbeda dengan kebiasaan pada umumnya, Dapua Amavie lebih memilih memasak rendang dengan daging yang bertekstur lembut dengan tujuan menghasilkan hidangan rendang yang lezat dengan daging yang empuk, dengan begitu cita rasa dari rendang akan lebih sempurna. Namun hal ini tidaklah mudah dilakukan karena pada waktu proses memasaknya kita harus ekstra hati hati agar daging yang bertekstur lembut tersebut tidak hancur karena lamanya proses memasak.

Hal ini sejalan dengan pendapat Uni Reno dalam memilih daging yang cocok untuk rendang, "baik bagian paha, kelapa atau pun has dalam, semuanya bisa dimasak menjadi rendang. Anda hanya tinggal memilih inginkan rendang dengan tekstur yang seperti apa. Jika ingin daging yang empuk, tentu daging sapi has dalam atau luar bisa jadi pilihan tepat.", jelas Uni Reno. Detik.com, Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk Rendang.

Penasaran bagaimana rasa rendang dengan daging has dalam (tenderloin) dan has luar (sirloin)? Pesan rendang daging sapi dan rendang daging sapi kering di dapua amavie sekarang juga, ditunggu ya!